Sunday, June 10, 2012

Laporan Intofu


Pada masa sekarang ini, peta merupakan suatu kebutuhan manusia yang berkatan dengan sarana informasi. Bukan hanya orang-orang yang bekerja pada bidangnya saja yang menggunakan peta, tetapi peta juga mulai digunakan dan dibutuhkan oleh masyarakat luas.
Umumnya kita semua mengenal peta hanya sebagai gambar rupa muka bumi pada selembar kertas dengan ukuran yang lebih kecil. Rupa bumi yang digambarkan pada peta meliputi unsur-unsur ilmiah dan unsur-unsur buatan manusia. Melalui interpretasi peta, seseorang dapat mengamati penampakan permukaan bumi lebih luas dari batas pandang manusia.
Membaca peta berarti mempelajari penampakan geografis yang ditunjukkan melalui smbol-simbol tertentu di dalamnya. Oleh karena itu, untuk memahami peta harus memahami berbagai unsur dalam peta termasuk juga simbol-simbol tersebut sehingga peta tersebut dapat di baca. Simbol-simbol yang ada di peta harus diabalisis kemudian diinterpretasikan atau ditafsirkan penampakan geografisnya. Dengan demikian, interpretasi peta adalah kegiatan membaca peta dengan memberikan penafsiran atau memaknai isi peta atas dasar simbol-simbol yang ada.
Dalam membaca dan menginterpretasikan peta, kita harus memahami semua simbol atau informasi yang ada pada peta dengan baik. Seorang pembaca peta harus menganalisis simbol-simbol dalam peta, kemudian memberikan interpretasi atau oenafsiran tentang penampakkan geografisnya. Membaca dan menginterpretasikan peta merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan satu sama lainnya.
Interpretasi peta sangat diperlukan dewasa ini, terutama dalam lingkup Pendidikan Geografi yang notabene berkecimpung dalam hal yang berbau geografis. Oleh karena itu, seorang pendidik geografi juga dituntut untuk dapat menginterpretasikan peta topografi dan foto udara sebagai bahan materi kuliah dan aplikasinya.
Dalam mata kuliah Interpretasi Peta Topografi dan Foto Udara (Intofu) mahasiswa dituntut agar dapat menginterpretasikan peta terutama peta topografi dan juga foto udara dan mengalikasikannya langsung di lapangan. Laporan ini merupakan hasil dari tugas praktikum mata kuliah Intofu dengan melakukan pengecekan langsung kesesuaian antara informasi yang ada dalam peta topografi dengan situasi dan kondisi nyata di lapangan.


Sumber : http://soerya.surabaya.go.id/AuP/e-DU.KONTEN/edukasi.net/SMP/Geografi/Interpretasi%20Peta/materi3.html

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design