Sunday, December 18, 2011

Sumber Daya Air

Sumber Daya Air adalah bahan alam berbentuk cair yang merupakan senyawa hidrogen-oksigen dan paling banyak terdapat di bumi. Potensinya dapat berupa air bawah tanah, air permukaan dan air laut/samudera yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.
Sumberdaya geologi yang ada tidak serta merta berada di depan mata sehingga perlu dilalukan pencarian atau biasa disebut eksplorasi. Menurut Wikipedia, eksplorasi adalah tindakan mencari atau melakureadkan perjalanan dengan tujuan menemukan sesuatu, misalnya daerah tak dikenal, termasuk antariksa (penjelajahan angkasa), minyak bumi (eksplorasi minyak bumi), gas alam, batubara, mineral, gua, air, ataupun informasi. Dengan memanfaatkan teknologi modern yang canggih proses eksplorasi dapat berjalan singkat, hemat dan tidak memerlukan tenaga kerja yanganyak. Salah satu contohnya dengan teknologi penginderaan jauh satelit memberikan informasi penting untuk mengungkapkan fenomena, proses dan pemantauan sumberdaya geologi.
Sumberdaya geologi yang memiliki nilai jual tinggi dimanfaatkan atau istilahnya di eksploitasi. Sebagai contoh batu jasper yang berada di Desa Cibuniasih, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, bongkah-bongkah jasper tersebar di Sungai Cimedang dan sebagian terdampar di perkampungan dan persawahan. Batu ini di eksploitasi oleh Jepang dari tahun 1996-2002. Pemerintah baru sadar akan potensi yang begitu istimewa dari batu jasper, sehingga tidak dapat menyelamatkan berton-ton batu Jasper yang diangkut ke luar negeri dan menyisakan puluhan batu jasper yang merupakan benda pusaka bagi para geolog, peneliti, pelajar sampai masyarakat biasa sebagai sumber ilmu pengetahuan.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design