Monday, April 6, 2020

Mengenal Hujan Lebih Dekat


Assalamu’alaikum,

Materi hidrosfer dalam pelajaran geografi di SMA kelas X salah satunya membahas tentang siklus air atau juga biasa disebut sebagai siklus hidrologi. Ada tiga macam siklus air yaitu siklus panjang, siklus sedang, dan siklus pendek. Setiap siklus selalu diawali oleh proses penguapan air, baik penguapan air (evaporasi) maupun proses penguapan dari tumbuhan (transpirasi), atau gabungan keduanya yaitu evapotranspirasi.

Untuk memperkuat daya ingat dan mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari, dapat dilakukan dengan latihan soal berikut ini:

Kembalinya air ke permukaan bumi terjadi dalam proses hujan (presipitasi). Proses tentang hujan telah pula Allah jelaskan dalam Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam. Pertanyaan pertaman, pada Qu’an surat dan ayat berapakah Allah menjelaskan bahwa hujan yang Allah turunkan bermula dari dihembuskannya angin sampai turunlah hujan dan membuat hamba-Nya bergembira? Tuliskan ayat dan artinya di buku tulismu.

Alhamdulillah, dengan mengerjakan soal tersebut maka hari ini kamu telah menambah tilawah 1 ayat.

Air hujan berasal dari berbagai macam muka air di Bumi yang mengalami penguapan, tetapi seringkali turun dalam kondisi yang jernih. Meskipun pada kondisi turunnya hujan asam, akan berbeda dengan hujan biasa. Pertanyaan kedua, mengapa kita tidak disarankan untuk langsung mengkonsumsi air hujan padahal kondisinya sudah jernih? Kemukakan dua alasannya dan tulis di bukumu.

Alhamdulillah, dengan mengerjakan soal tersebut, Insya Allah kita akan menjadi lebih peduli pada hal-hal yang terjadi di sekitar kita.

Terima kasih dan terus tekun belajar serta ikhlas selalu.

Wassalamu’alaikum.


0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design