Tuesday, April 21, 2020

Penyebab dan Bentuk Stratifikasi Sosial


A.      PENYEBAB STRATIFIKASI SOSIAL
1.       Faktor Pendorong Stratifikasi Sosial
Stratifikasi sosial bisa terjadi dengan sendirinya (alami) dan bisa juga terjadi secara disengaja:
Stratifikasi sosial yang terjadi dengan sendirinya berarti tidak disengaja, dan disebabkan oleh faktor-faktor yang dibawa individu sejak lahir. Stratifikasi sosial yang terjadi dengan sendirinya yaitu berdasarkan usia/umur, jenis kelamin, keturunan, sifat keanggotaan seseorang dalam masyarakat (terjadi dalam kelompok ras tertentu).
Stratifikasi sosial yang terjadi dengan sengaja berarti terjadi karena disusun untuk tujuan tertentu, biasanya hal ini dilakukan dalam pembagian kekuasaan dan wewenang yang resmi (pemerintahan, perusahaan, partai politik, militer, dan lain-lain). Stratifikasi sosial yang terjadi dengan sengaja yaitu berdasarkan ukuran kekayaan, ukuran kekuasaan, ukuran kehormatan, dan ukuran ilmu pengetahuan, dimana yang paling tinggi diantaranya akan menempati lapisan atas dalam stratifikasi sosial.

2.       Unsur-unsur Stratifikasi Sosial
Unsur-unsur dalam stratifikasi sosial dalam masyarakat adalah kedudukan (status) dan peranan (role). Status menunjukkan tempat atau posisi seseorang dalam masyarakat, sedangkan peranan merupakan suatu tingkah laku atau tindakan yang diharapkan dari seorang individu yang menduduki status tertentu.
Kedudukan dibedakan menjadi dua, yaitu ascribed status (kedudukan yang diperoleh karena faktor kelahiran, diperoleh dengan sendirinya) dan achieved status (kedudukan yang dicapai seseorang dengan usaha sendiri). Peran sangat penting karena dapat mengatur perilaku seseorang karena dapat memberi arah pada proses sosialisasi.

3.       Sifat-sifat Stratifikasi Sosial
Stratifikasi sosial berdasarkan sifatnya, dibagi menjadi stratifikasi sosial tertutup dan stratifikasi sosial terbuka:
Stratifikasi sosial tertutup, dalam stratifikasi sosial tertutup membatasi atau tidak memberikan kemungkinan terhadap seseorang untuk pindah dari lapisan yang satu ke lapisan sosial yang lainnya, baik ke atas maupun ke bawah. Contohnya dalam sistem kasta.
Stratifikasi sosial terbuka, dalam stratifikasi sosial terbuka memungkinkan kepada seseorang untuk pindah dari lapisan satu ke lapisan yang lainnya, baik ke atas maupun ke bawah sesuai dengan kecakapannya.

B.      BENTUK STRATIFIKASI SOSIAL
Dalam masyarakat terdapat berbagai bentuk stratifikasi sosial. Bentuk itu dipengaruhi oleh kriteria atau faktor apa yang dijadikan dasar dalam mengklasifikasikan. Berikut ini bentuk-bentuk stratifikasi sosial menurut beberapa kriteria, yaitu:
1.       Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Ekonomi
Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria ekonomi ditentukan berdasarkan materi yang dimiliki dan dikuasai oleh seseorang. Pendapatan dan kekayaan membuat masyarakat terbagi dalam berbagai lapisan atau kelas-kelas sosial. Stratifikasi ini bersifat terbuka, karena dapat berubah sesuai kondisi kepemilikan materinya.

2.       Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Sosial
Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria sosial dapat kita temua dalam masyarakat yang feodal, menganut sistem kasta, dan masyarakat rasial. Stratifikasi ini termasuk ke dalam stratifikasi sosial tertutup.

3.       Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Politik
Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria politik berhubungan dengan kekuasaan yang dimiliki oleh anggota masyarakat. Stratifikasi ini akan menjadikan masyarakat terbagi menjadi dua kelompok besar. Kelompok lapisan atas yaitu elite penguasa yang disebut juga kelompok dominan (menguasai), sedangkan kelompok lapisan bawah, yaitu orang atau kelompok masyarakat terdominasi (dikuasai).

Sumber bacaan: Buku Siswa Antropologi untuk SMA/MA Kelas X, Karangan:Annisa Nur Rohmah. Penerbit Mediatama (2016).


Setelah mempelajari materi di atas, silahkan lakukan kegiatan di bawah ini:
1.       Jawab pertanyaan berikut ini di buku tulismu (soal ditulis),
a.       Sebutkan dan jelaskan stratifikasi sosial yang ada pada masyarakat feodal!
b.       Sebutkan dan jelaskan stratifikasi sosial yang ada pada masyarakat sistem kasta!
2.       Tonton bideo berikut ini: https://youtu.be/tNEGpzaQyC4 , like dan komen disana sebagai bukti kehadiran disana dan juga untuk mengapresiasi usaha orang lain.
3.       Setelah menonton videonya, jawab pertanyaan ini di buku tulismu (soal ditulis),
a.       Bagaimana faktor pendorong yang terjadi dalam adegan video?
b.       Unsur stratifikasi apa yang tampak dalam adegan video secara keseluruhan?
c.       Bagaimana sifat stratifikasi sosial yang diceritakan dalam adegan video?
d.       Apa kriteria yang memengaruhi bentuk stratifikasi sosial dalam video tersebut?
4.       Kirim foto tugasmu ke email guru.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design