Tuesday, April 10, 2012

Selayang Pandang Media Pembelajaran


Dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan setiap hari, guru dan siswa akan saling berkaitan dalam pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan oleh guru. Keberhasilan pembelajaran merupakan tanggung jawab guru. Bila ternyata siswa kurang berhasil dalam pencapaian tujuan pembelajaran, gurulah yang akan menjadi tertuduh sebagai penyebabnya.
            Pelaksanaan proses belajar mengajar meliputi dua hal penting, yaitu metode mengajar yang digunakan dan media pembelajaran sebagai pendukungnya. Pemilihan metode pengajaran akan sangat mempengaruhi media pembelajaran. Dan media pembelajaran yang digunakan akan mendukung berhasilnya metode pengajaran yang digunakan. Sehingga media pembelajaran yang digunakan juga menentukan keberhasilan dari proses belajar mengajar.
            Pembelajaran dewasa ini di dorong dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga perlu adanya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang disediakan di sekolah, karena kemungkinan alat yang ada itu sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Tetapi tidak semuanya demikian, karena situasi dan kondisi sekolah juga menentukan media apa yang harus digunakan oleh guru.
            Seorang gutu hendaknya menggunakan alat yang efektif, efisien, dan ekonomis sebagai media pembelajaran. Tidak hanya mampu menggunakan alat-alat yang ada saja, tetapi seorang guru juga harus mampu memaksimalkan penggunaan alat dan media pembelajaran tersebut. Sehingga media dan alat yang ada bermanfaat untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran dengan berhasil.
            Dalam proses belajar-mengajar yang tidak kalah pentingnya adalah pengalaman belajar siswa. Pengalaman tersebut akan membentuk suatu pemahaman apabila ditunjang dengan pengalaman nyata, yaitu dibantu dengan alat bantu dalam belajar. Dengan demikian alat bantu atau media dan alat pembelajaran yang ada harus digunakan dan dikembangkan secara maksimal agar dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna, mengaktifkan dan menyenangkan siswa.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design