Monday, April 23, 2012

Soal UTS Kurikulum dan Pembelajaran


UJIAN TENGAH SEMESTER

Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran
Jurusan/Prodi : Pendidikan Geografi B
Dosen :
Dr. Toto Ruhimat, M.Pd.
R. Nadia Hanoum, M.Pd.

Petunjuk Pengerjaan :
·         Sifat Ujian : TAKE HOME EXAMINATION.
·         Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan singkat.
·         Jawaban diketik dengan font 12 spasi 1.5, diserahkan paling lambat tanggal 18 April 2012
·         Jawaban yang sama dianggap copy paste/mencontek; sehingga tidak akan diperiksa dan tidak ada perbaikan.
·         Wajib mencantumkan daftar pustaka yang menjadi rujukan.

Pertanyaan :

1.      Apa yang Saudara ketahui tentang : Ideal Curriculum, Actual Curriculum, dan Hidden Curriculum? Jelaskan hubungan ketiganya!
2.      Jelaskan dan beri contoh masing-masing dari peranan kurikulum : Peranan Konservatif, Peranan Kreatif/dinamis, dan Peranan Evaluatif/kritis!
3.      Kemukakan apa yang dimaksud dengan landasan filosofis, landasan psikologis, landasan social-budaya, dan landasan teknologi dalam pengembangan kurikulum; kemudian berikan contoh implikasinya dalam pengembangan kurikulum!
4.      Jelaskan apa yang dimaksud bahwa “Kurikulum itu merupakan suatu sistem”, komponen-komponen apa saja yang harus ada dalam sistem kurikulum tersebut dan bagaimana kaitannya satu sama lain?
5.      Apa yang dimaksud dengan prinsip khusus pengembangan kurikulum? Apakah menurut Saudara penerapan kurikulum KTSP disekolah yang Saudara kunjungi sudah memperhatikan prinsip-prinsip khusus tersebut? Jelaskan!
6.      Coba Saudara identifikasi pengorganisasian isi dan model pengembangan kurikulum KTSP kemudian beri penjelasan singkat mengenai bentuk pengorganisasian dan model tersebut!
7.      Apa yang dimaksud dengan evaluasi kurikulum? Apakah kaitannya dengan pengukuran dan tes? Apakah tujuan evaluasi tersebut?
8.      KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan, mengacu kepada standar isi, standar kompetensi lulusan, dan berpedoman pada panduan yang disusun oleh BSNP.
Apa yang dimaksud dengan kurikulum operasional, standar isi, dan standar kompetensi lulusan tersebut?

Selamat Bekerja
Percayalah pada kemampuan sendiri

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design