Thursday, October 25, 2012

Prinsip-prinsip Pembuatan Media Grafis



1.       Jelaskan prinsip-prinsip dalam pembuatan media grafis (pilih tiga jenis media grafis)!
Jawab:
Media grafis merupakan media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.
Adapun media grafis yang umumnya digunakan adalah diagram, grafik, poster, dll. Diagram merupakan gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbal balik, terutama dengan garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan. Pada dasarnya diagram merupakan ringkasan visual yang padat mengenai fakta-fakta dan gagasan yang akan diuraikan.
Grafik adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistik yang saling berhubungan. Grafik berfungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik.
Poster merupakan kombinasi yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di ingatan seseorang. Media ini umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk/promosi.
Dalam pembuatan media grafis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menjadi prinsip dasar dalam pembuatan media grafis tersebut, yaitu:
a.       Keseimbangan
Faktor keseimbangan terdiri dari keseimbangan formal yang sering disebut simetris, keseimbangan informal yang sering disebut asimetris, dan keseimbangan radial dengan bentuk desainnya bergerak dari titik pusat berjalan menurut radiusnya.
b.      Kesinambungan
Faktor-faktor kesinambungan meliputi repetitif, alternatif, progresif, dan berubah tempat serta ukuran secara bertahap.
c.       Aksentuasi
Aksentuasi diperlukan untuk menghindari kejenuhan dan kebosanan bagi penglihatan dengan cara menghindarkan unsur-unsur monoton dan menonjolkan bagian-bagian yang penting.
d.      Dominasi
Faktor dominasi adalah suatu unsur yang dapat mengikat keseluruhan komposisi sehingga dapat mencapai keutuhan dan kejelasan.
e.      Keseragaman
Keseragaman adalah unsur visual yang hadir berbeda sehingga masalah kejenuhan dapat teratasi:

Sumber: http://tekpen07b.blogspot.com/2011/01/pengertian-macam-macam-media-grafis_30.html, dengan penyesuaian kalimat dan pendapat pribadi.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design