Thursday, October 25, 2012

Landasan Filososfi Penggunaan Media Pembelajaran



1.       Jelaskan secara filosofi pembelajaran tentang pentingnya media dalam proses pembelajarn!
Jawab:
Ada anggapan yang menyatakan bahwa dengan digunakannya berbagai jenis media yang merupakan hasil dari penerapan teknologi baru akan berakibat terjadinya pembelajaran yang kurang manusiawai atau dehumanisasi. Hal itu dikarenakan siswa dapat mempunyai banayak pilihan untuk menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik pribadinya. Dengan kata lain, siswa dihargai haknya untuk memilih dan menentukan, baik cara maupun alat belajar yang sesuai dengan kemampuannya.
Jadi, penerapan teknologi tidak berarti dehumanisasi. Media pembelajaran dengan menerapkan teknologi baru sangat penting dalam proses pembelajaran dan tidak akan terjadi dehumanisasi karena dilakukan dengan pendekatan yang humanis.
Pendekatan yang humanis berarti guru menganggap siswa sebagai anak manusia yang memiliki kepribadian, harga diri, motivasi, dan memiliki kemampuan pribadi yang berbeda dengan yang lain, oleh karena itu baik menggunakan media hasil teknologi baru atau tudak, karena media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran maka harus dilakukan menggunakan pendekatan yang humanis.

Sumber: http://hidaylaela.blogspot.com/2012/04/landasan-penggunaan-media-pembelajaran.html, dengan penyesuaian kalimat dan pendapat pribadi.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design