1.
Jelaskan langkah-langkah
yang harus dilakukan guru dalam pengembangan media pembelajaran di kelas!
Jawab:
Dalam melakukan desain atau rancangan pengembangan program
media, Arif Sadiman, dkk, memberikan urutan langkah-langkah yang harus diambil
dalam pengembangan program media menjadi enam langkah berikut ini:
a. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
Kebutuhan dalam proses
belajar mengajara adalah kesenjangan antara apa yang dimiliki siswa dengan apa
yang diharapkan. Contoh perlu dimulai dari latihan wudhu dari awal hingga akhir
sebelum akhirnya mengahrapkan siswa dapat melakukan rukun shalat dengan baik dan benar. Setelah menganalisis
kebutuhan siswa, maka perlu juga menganalisis karakteristik siswa, baik
menyangkut kemampuan pengetahuan atau keterampilan yang telah dimiliki siswa
sebelumnya.
b. Merumuskan tujuan instruksional dengan operasional dan khas
Untuk dapat merumuskan
tujuan instruksional dengan baik, harus diingat bahwa tujuan instruksional
harus berorientasi kepada siswa. Tujuan instruksional harus benar-benar
menyatakan adanyaperilaku siswa yang dapat dilakukan atau diperoleh setelah
proses belajar dilakukan. Tujuan yang ingin dicapai harus dinyatakan dengan
kata kerja yang operasional, artinya kata kerja itu menujukkan suatu
perilaku/perbuatan yang dapat diamati atau diukur.
c. Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung
tercapainya tujuan
Penyusunan rumusan
butir-butir materi adalah dilihat dari sub kemampuan atau keterampilan yang
dijelaskan dalam tujuan khusus pembelajaran, sehingga materi yang disusun
adalah dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan dari kegiatan proses
belajar mengajar tersebut.
d. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
Alat pengukur
keberhasilan dikembangkan terlebih dahulu sebelum naskah program ditulis. Dan alat
pengukur itu harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan dari
materi-materi pembelajaran yang disajikan. Bentuk alat pengukurannya bisa
dengan tes, pengamatan, penugasa atau cheklist perilaku.
e. Menulis naskah media
Naskah media adalah
bentuk penyajian materi pembelajaran melalui media rancangan yang merupakan
penjabaran dari pokok-pokok materi yang telah disusun secara baik. Supaya materi
pembelajaran itu dapat disampaikan melalui media, maka materi tersebut perlu
dituangkan dalam tulisan atau gambar yang kita sebut sebagai naskah program
media.
f.
Mengadakan tes dan revisi
Tes adalah kegiatan untuk
menguji atau mengtahui tingkat efektifitas dan kesesuaian media yang dirancang
dengan tujuan yang diharapkan dari program tersebut. Program media yang
dianggap baik oleh pembuatnya, belum tentu mudah dipahami atau tidak merangsang
proses belajar bagi siswa yang ditujunya, maka program semacam ini tentu saja
tidak dikatakan baik.
Sumber: http://meretasmasadepan.blogspot.com/2011/03/langkah-langkah-pengembangan-media.html,
dengan penyesuaian kalimat dan pendapat pribadi.
0 komentar:
Post a Comment