Thursday, October 25, 2012

Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran di Kelas



1.       Jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam pengembangan media pembelajaran di kelas!
Jawab:
Dalam melakukan desain atau rancangan pengembangan program media, Arif Sadiman, dkk, memberikan urutan langkah-langkah yang harus diambil dalam pengembangan program media menjadi enam langkah berikut ini:
a.       Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
Kebutuhan dalam proses belajar mengajara adalah kesenjangan antara apa yang dimiliki siswa dengan apa yang diharapkan. Contoh perlu dimulai dari latihan wudhu dari awal hingga akhir sebelum akhirnya mengahrapkan siswa dapat melakukan rukun shalat  dengan baik dan benar. Setelah menganalisis kebutuhan siswa, maka perlu juga menganalisis karakteristik siswa, baik menyangkut kemampuan pengetahuan atau keterampilan yang telah dimiliki siswa sebelumnya.
b.      Merumuskan tujuan instruksional dengan operasional dan khas
Untuk dapat merumuskan tujuan instruksional dengan baik, harus diingat bahwa tujuan instruksional harus berorientasi kepada siswa. Tujuan instruksional harus benar-benar menyatakan adanyaperilaku siswa yang dapat dilakukan atau diperoleh setelah proses belajar dilakukan. Tujuan yang ingin dicapai harus dinyatakan dengan kata kerja yang operasional, artinya kata kerja itu menujukkan suatu perilaku/perbuatan yang dapat diamati atau diukur.
c.       Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan
Penyusunan rumusan butir-butir materi adalah dilihat dari sub kemampuan atau keterampilan yang dijelaskan dalam tujuan khusus pembelajaran, sehingga materi yang disusun adalah dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan dari kegiatan proses belajar mengajar tersebut.
d.      Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
Alat pengukur keberhasilan dikembangkan terlebih dahulu sebelum naskah program ditulis. Dan alat pengukur itu harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan dari materi-materi pembelajaran yang disajikan. Bentuk alat pengukurannya bisa dengan tes, pengamatan, penugasa atau cheklist perilaku.
e.       Menulis naskah media
Naskah media adalah bentuk penyajian materi pembelajaran melalui media rancangan yang merupakan penjabaran dari pokok-pokok materi yang telah disusun secara baik. Supaya materi pembelajaran itu dapat disampaikan melalui media, maka materi tersebut perlu dituangkan dalam tulisan atau gambar yang kita sebut sebagai naskah program media.
f.        Mengadakan tes dan revisi
Tes adalah kegiatan untuk menguji atau mengtahui tingkat efektifitas dan kesesuaian media yang dirancang dengan tujuan yang diharapkan dari program tersebut. Program media yang dianggap baik oleh pembuatnya, belum tentu mudah dipahami atau tidak merangsang proses belajar bagi siswa yang ditujunya, maka program semacam ini tentu saja tidak dikatakan baik.

Sumber: http://meretasmasadepan.blogspot.com/2011/03/langkah-langkah-pengembangan-media.html, dengan penyesuaian kalimat dan pendapat pribadi.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design