Friday, March 2, 2012

Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli


                Sebelum mempelajari lebih jauh tentang Bimbingan dan Konseling (BK), terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari bimbingan itu sendiri. Karena kesalahan pada pemahaman awal akan menuntun kita pada kesalahan yang lebih dalam dan berekor dikemudian harinya.
                Berikut ini adalah pengertian Bimbingan menurut para ahli:
  1. Frank Parson (1951), mengartikan bimbingan sebagai bantuan yang diberikan kepada individu untuk memilih, mempersiapkan diri, dan memangku suatu jabatan, seta mendapat kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya.
  2. Mathewson (1969), mengartikan bimbingan sebagai pendidikan dan pengembangan yang menekankan proses belajar yang sistematik.
  3. Winkel (2005), mengartikan bimbingan sebagai usaha melengkapi individu dengan pengetahuan, pengalaman dan informasi tentang dirinya sendiri.
  4. Bernard & Fulmer (1969), mengartikan bimbingan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan realisasi pribadi setiap individu.

Jadi, bimbingan merupakan upaya bantuan yang dilakukan pembimbing (konselor), bagi individu untuk memahami dirinya melalui pengetahuan, pengalaman, dan informasi tentang dirinya, sehingga dapat meningkatkan realisasi pribadi, karena dengan memahami diri sendiri akan memudahkan untuk bertindak sesuai tujuan hidup.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design