Friday, March 2, 2012

Pengertian Konseling Menurut Para Ahli


                Konseling merupakan upaya yang lebih dari bimbingan. Konseling juga berupa upaya dari pemberi bimbingan (konselor) kepada individu yang membutuhkan atau di bimbing (konseli). Konseling diberikan seorang konselor yang terlatih dan berpengalaman terhadap individu-individu yang membutuhkannya agar individu tersebut berkembang potensinya secara optimal, mampu mengatasi masalahnya, dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dinamis di sekitarnya.
                Berikut ini pengertian konseling menurut para ahli:
  1. Menurut Rogers, konseling merupakan serangkaian kontak atau hubungan bantuan langsung dengan individu yang bertujuan memberikan bantuan kepadanya dalam merubah sikap dan tingkah lakunya.
  2. Menurut Mortensen, konseling merupakan suatu proses hubungan seseorang dengan seseorang dimana yang seorang dibantu oleh yang lainnya untuk mnemukan masalahnya.
  3. Menurut Cavanagh, konseling merupakan hubungan antara seorang penolong yang terlatih dan seseorang yang mencari pertolongan, di mana keterampilan si penolong dan situasi yang diciptakan olehnya menolong orang untuk belajar berhubungan dengan dirinya sendiri dan orang lain dengan terobosan-terobosan yang semakin bertumbuh.

                Namun dalam prosesnya, konselor tidak berhak memberikan keputusan atau memutuskan solusi apa yang harus diambil oleh konseli. Karena, keputusan sepenuhnya berada di tangan konseli.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design