Sunday, April 7, 2013

Tugas Kuliah: Proposal PTK


TUGAS MATA KULIAH METODE PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
JUDUL DAN LATAR BELAKANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
“Meningkatkan Minat dan Prestasi belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Bumi dan Jagad Raya dengan Menggunakan Media Film Pendek di Kelas X SMA Negeri Titian Teras Hj. Abdurahman Sayoeti Jambi”


Oleh:
Ineu Handayani         (1005434)

JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2013


1.      Judul
MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR BUMI DAN JAGAD RAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM PENDEK DI KELAS X SMA NEGERI TITIAN TERAH HJ. ABDURAHMAN SOYOETI JAMBI

2.      Latar Belakang
Pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu upaya yang dilakukan secara sistematis dan terarah pada perubahan tingkah laku dan juga pola fikir (kedewasaan). Makna pembelajaran secara instruksional adalah proses yang mengembangkan kreativitas berfikir yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir peserta belajar serta dapat meningkatkan dan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan dan pengembangan yang baik terhadap materi.
Salah satu komponen pembelajran yang menjadi sangat penting dewasa ini adalah media pembelajaran. Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Menurut Briggs (1977), media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti buku, film, video dan sebagainya. Media pembelajaran adalah komponen integral dari system pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan berlangsung secara optimal.
Pada hakikatnya, bukan media pembelejaran yang menentukan hasil belajar. Tetapi media pembelajaran digunakan dengan tujuan untuk mempermudah proses belajar mengajar, meningkatkan efisiensi belajar mengajar, menjaga relevansi dengan tujuan belajar, dan membantu konsentrasi peserta belajar atau peserta didik.
Media pembelajaran sangatlah beragam, ada beberapa jenis media pembelajara yang dikenal dalam dunia pendidikan diantaranya adalah:
a.       Media visual : grafik, diagram chart, bagan, poster, komik.
b.      Media audial : radio, laboratorium bahasa, tape recorder.
c.       Project still media : slide/OHP
d.      Project motion media : film, televise, video
Dikarenakan berbagai faktor pendukung dan juga penghambat, guru pada umumnya sulit mengubah kebiasaan menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran dan tanpa didukung dengan adanya media yang mentampaknyatakan apa yang disampaikan oleh guru. Seperti halnya yang terjadi di SMA Negeri Titian Teras Hj. Abdurahman Soayoeti Jambi. Terindikasi bahwa pembelajaran Geografi dalam beberapa materi yang cakupannya luas seperti jagad raya masih menghadapi berbagai masalah.
Penggunaan buku paket atau LKS dalam setipa pembelajaran yang isinya dalam bentuk teks dianggap membosankan dan tidak menyenangkan. Keberadaan media pendukung yang berbasis teknologi seperti penggunaan slide dan film sebenarnya sudah tersedia di setiap kelas. Namun penggunaannya masih sangat terbatas, misalnya pada tugas kelompok siswa untuk presentasi hasil belajarnya. Padahal, untuk memahami materi yang luas dan sulit untuk dilihat secara langsung di depan mata secara keseluruhan seperti halnya jagad raya diperlukan visualisasi nyata dan proses kerjanya. Hal itu berguna untuk mengarahkan daya fikir siswa dalam menafsirkan atau menvisualkan materi dalam benaknya (imajinasi).
Berbagai permasalahan tersebut pada akhirnya berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik. Rendahnya minat belajar peserta didik juga mempengaruhi hasil belajar. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran berupa film pendek dirasa sangat penting untuk digunakan dalam penyampaian kompetensi dasar Bumi dan Jagad Raya dalam mata pelajaran Geografi yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan perstasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri Titian Teras Hj. Abdurahman Sayoeti.

(ternyata latar belakang yang seperti ini masih terbilang salah, bukan ini contoh latar belakang proposal PTK yang baik. Berhubung sedang belajar, jadi harap maklum ya.. semoga kedepannya bisa lebih baik lagi. aamiin)

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design