Monday, April 8, 2013

Media Pembelajaran


Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan peserta belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Menurut Briggs (1977), media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan menurut National Education Association (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar termasuk teknologi perangkat keras.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesa, dapat merangsang fikiran dan perasaan peserta didik sehingga meningkatnya kemauan peserta didik dengan tujuan untuk mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan audio-visual.


Gambar: Kerucut Pengalaman Edgar Dale

Media pembelajaran berkembang dari waktu ke waktu, seiring dengan perkembangan teknologi. Beberapa ahli menggolongkan macam-macam media pembelajaran dari sudut pandang yang berbeda. Menurut Seels & Glasgow (1990), media pembelajaran terbagi berdasarkan perkembangan teknologi, yaitu media dengan teknologi tradisional dan media dengan teknologi mutakhir.
Media dengan teknologi tradisional meliputi:
-          Visual diam yang diproyeksikan berupa proyeksi taktembus pandang, proyeksi slides, overhead, dan filmstrips.
-          Visual yang dapat diproyeksikan berupa gambar, poster, foto, grafik, diagram, pameran, dan papan info.
-          Audio terdiri dari rekaman piringan dan pita kaset.
-          Penyajian multimedia dibedakan menjadi slide plus suara dan multi image.
-          Visual dinamis yang diproyeksikan berupa film, televisi, dan video.
-          Media cetak seperti teks, modul, teks terprogram, majalah ilmiah, dan hand out.
-          Permainan diantaranya teka-teki, simulasi, dan papan permainan.
-          Realita dapat berupa model, miniature, peta, dan boneka.
Sedangkan media dengan teknologi mutakhir dibedakan menjadi media berbasis telekomunikasi diantaranya adalah telekonfrence dan distance learning dengan media berbasis mikroprosesor terdiri dari CD, games hypermedia, CAI, dan pembelajaran berbasis web.

(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design