Media pembelajaran
secara umum adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Segala sesuatu
yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
kemampuan atau keterampilan peserta belajar sehingga dapat mendorong terjadinya
proses belajar.
Menurut
Briggs (1977), media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan
isi/materi pembelajaran seperti buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan menurut
National Education Association (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran
adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar termasuk
teknologi perangkat keras.
Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala sesuatu
yang dapat menyalurkan pesa, dapat merangsang fikiran dan perasaan peserta
didik sehingga meningkatnya kemauan peserta didik dengan tujuan untuk mendorong
terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Menurut
Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali
menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku
teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan audio-visual.
Gambar:
Kerucut Pengalaman Edgar Dale
Media
pembelajaran berkembang dari waktu ke waktu, seiring dengan perkembangan
teknologi. Beberapa ahli menggolongkan macam-macam media pembelajaran dari
sudut pandang yang berbeda. Menurut Seels & Glasgow (1990), media
pembelajaran terbagi berdasarkan perkembangan teknologi, yaitu media dengan
teknologi tradisional dan media dengan teknologi mutakhir.
Media
dengan teknologi tradisional meliputi:
-
Visual diam yang diproyeksikan berupa
proyeksi taktembus pandang, proyeksi slides,
overhead, dan filmstrips.
-
Visual yang dapat diproyeksikan berupa
gambar, poster, foto, grafik, diagram, pameran, dan papan info.
-
Audio terdiri dari rekaman piringan dan
pita kaset.
-
Penyajian multimedia dibedakan menjadi
slide plus suara dan multi image.
-
Visual dinamis yang diproyeksikan berupa
film, televisi, dan video.
-
Media cetak seperti teks, modul, teks
terprogram, majalah ilmiah, dan hand out.
-
Permainan diantaranya teka-teki,
simulasi, dan papan permainan.
-
Realita dapat berupa model, miniature,
peta, dan boneka.
Sedangkan media
dengan teknologi mutakhir dibedakan menjadi media berbasis telekomunikasi
diantaranya adalah telekonfrence dan distance learning dengan media berbasis
mikroprosesor terdiri dari CD, games
hypermedia, CAI, dan pembelajaran berbasis web.
(dari berbagai sumber)
0 komentar:
Post a Comment