Penelitian tindakan
kelas dibentuk dari tiga kaya yang kemudian maknanya digabungkan menjadi satu
dengan penjelasan sebagai berikut:
-
Penelitian adalah kegiatan mencermati
suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertetnu untuk
memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu
hal yang menarik minat dan penting bagi penelitian.
-
Tindakan adalah suatu gerak kegiatan
yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam penelitian berbentuk
rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
-
Kelas adalah sekelompok siswa dalam
waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula.
Dari
ketiga kata di atas, dapat disimpulkan bahwa PTK merupakan suatu pencermatan
terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan
terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan tersebut diberikan guru
atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Kegiatan itu bertujuan
untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan parktis dalam peningkatan mutu
pembelajaran di kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan
siswa yang sedang belajar.
Selain
itu, penelitian tindakan yang dilakukan juga bermaksud memberitahu dan mengubah
praktik-praktik pembelajaran di masa mendatang. Penelitian tindakan akan
berpengaruh pada lingkungan guru bekerja yaitu siswa-siswa dan sekolah di mana
guru bekerja. Ketika orang menyebut seorang guru professional, berarti guru
tersebut sudah mampu merubah minimal lingkungan kerjanya menjadi lebih efektif
dan efisien daripada keadaan sebelumnya.
Objek PTK harus
merupakan sesuatu yang aktif dan dapat dikenai aktivitas, bukan objek yang
sedang diam dan tanpa gerak. Unsure-unsur yang dapat dijadikan sasaran atau
objek PTK tersebut adalah siswa, guru, materi pelajaran, peralatan atau sarana
pendidikan, hasil pembelajaran, lingkungan, dan pengelolaan.
(dari berbagai sumber)
0 komentar:
Post a Comment