Monday, April 8, 2013

Penelitian Tindakan Kelas


Penelitian tindakan kelas dibentuk dari tiga kaya yang kemudian maknanya digabungkan menjadi satu dengan penjelasan sebagai berikut:
-          Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertetnu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi penelitian.
-          Tindakan adalah suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
-          Kelas adalah sekelompok siswa dalam waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula.
Dari ketiga kata di atas, dapat disimpulkan bahwa PTK merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan tersebut diberikan guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Kegiatan itu bertujuan untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan parktis dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar.
Selain itu, penelitian tindakan yang dilakukan juga bermaksud memberitahu dan mengubah praktik-praktik pembelajaran di masa mendatang. Penelitian tindakan akan berpengaruh pada lingkungan guru bekerja yaitu siswa-siswa dan sekolah di mana guru bekerja. Ketika orang menyebut seorang guru professional, berarti guru tersebut sudah mampu merubah minimal lingkungan kerjanya menjadi lebih efektif dan efisien daripada keadaan sebelumnya.
Objek PTK harus merupakan sesuatu yang aktif dan dapat dikenai aktivitas, bukan objek yang sedang diam dan tanpa gerak. Unsure-unsur yang dapat dijadikan sasaran atau objek PTK tersebut adalah siswa, guru, materi pelajaran, peralatan atau sarana pendidikan, hasil pembelajaran, lingkungan, dan pengelolaan.

(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design