Saturday, February 11, 2012

Pengantar PLSBT

PLSBT adalah singkatan dari Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi, merupakan mata kuliah yang hanya ada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. mata kuliah ini merupakan gabungan dari Ilmu Alam Dasar (IAD) yang diberikan pada mahasiswa kecuali jurusan MIPA, Ilmu Sosial Dasar (ISD) yang tidak diberikan pada mahasiswa FPIPS dan FIP, dan Ilmu Budaya dasar (IBD) yang tidak diberikan FPBS. alasan pengecualian itu karena mahasiswa di fakultas tersebut, dianggap telah memiliki bekal dari jurusannya ketika di SMA.
PLSBT muncul untuk mengkaji kompleksitas masalah lingkungan, sosial, budaya, dan pengaruh (efek) dari teknologi.
Salah seorang pelopor munculnya PLSBT di UPI Bandung, Astim Riyanto menyatakan, PLSBT muncul sebagai Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) di UPI karena:
  1. perkembangan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktu semakin cepat, banyak dan terspesialisasi. karena banyak dan cepatnya itu, tentu memunculkan berbagai masalah yang kompleks.
  2. perkembangan masyarakat yang dari waktu ke waktu semakin kompleks, ruwet, rumit, dan pelik.
Tujuan Mempelajari PLSBT:
  1. meningkatkan kesadaran lingkungan untuk mengembangkan kehidupan yang selaras, serasi, dan seimbang dengan lingkungan
  2. meningkatkan melek IPTEK dalam menerapkannya secara selaras, serasi, dan seimbang dengan lingkungan
  3. meningkatkan kesadaran diri selaku makhluk Tuhan dalam mendekatkan diri dengan-Nya, melalui hubungan sesama manusia dan lingkungan hidup
  4. meningkatkan kesadaran sebagai makhluk sosial, budaya dan bagian yang tak terpisahkan dari alam
  5. meningkatkan kepekaan dan keterbukaan terhadap masalah-masalah lingkungan sosial, budaya, dan teknologi serta bertanggung jawab dalam pemecahan masalah tersebut.
"Melalui mata kuliah PLSBT, mahasiswa diharapkan tidak sekedar mampu merasakan masalah, tetapi mau dan mampu mencari solusinya"

PLSBT merupakan kajian terhadap masalah-masalah LSBT secara scientific-komprehensif-general-integral dalam perspektif pendidikan untuk dicarikan alternatif pemecahannya.
Karena PLSBT merupakan suatu kajian, berarti PLSBT bukan merupakan suatu ilmu tetapi hanya pengetahuan saja.

2 komentar:

  1. PLSBT merupakan bagian integral dari MKDU . Apa maksud dari pernyataan tersebut ??

    ReplyDelete
  2. PLSBT merupakan bagian integral dari MKDU, itu artinya Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya dan Teknologi merupakan bagian yg tidak terpisahkan dari Mata Kuliah Dasar Umum, karena PLSBT merupakan kajian yg secara umum harus diketahui mahasiswa UPI.

    ^_^

    ReplyDelete

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design