Monday, February 24, 2014

Jenis-jenis Bahan Galian

Bahan galian atau barang tambang dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam, yaitu:
1.       Berdasarkan kedudukannya dalam industri
a.       Mineral bahan bakar (fuels)
Contohnya: minyak bumi, batubara, dan bahan radiokatif.

b.      Mineral industri
Contohnya: pasir kuarsa, tanah liat, batu gamping, gips, dan batu apung.

c.       Mineral bijih logam (ore)
Contohnya: bijih besi, bijih emas, bijih perak, timah, dan bijih tembaga.

2.       Berdasarkan cara terbentuknya
a.       Bahan galian hasil pengayaan sekunder, yaitu bahan galian yang terkonsentrasi karena proses pelarutan pada batuan hasil pelapukan.
b.      Bahan galian hasil pengendapan, yaitu bahan galian yang terkonsentrasi karena pengendapan di dasar sungai atau genangan air yang terjadi melalui proses pelapukan.
c.       Bahan galian magmatik, adalah bahan galian yang terjadi dari magma yang terdapat di dalam bumi.
d.      Bahan galian pegmatik, adalah bahan galian yang terbentuk di dalam diaterma  dan dalam bentuk intrusi. Contohnya adalah timah putih di Bangka Belitung.
e.      Bahan galian hidrotermal, adalah bahan galian yang terbentuk melalui resapan magma cair yang membeku terakhir di celah-celah struktur lapisan bumi. Contohnya bijih perak dan emas yang terdapat dekat dengan permukaan bumi, terjadi karena terbawa oleh magma cair melalui celah-celah dan setelah cairannya menguap, ia tinggal di dalam gang.
f.        Bahan galian metamorphosis kontak, adalah bahan galian berupa batuan sekitar magma, yang karena bersentuhan dengan magma berubah menjadi mineral yang memiliki nilai ekonomi.

3.       Berdasarkan kepentingan bagi negara
a.       Golongan A
bahan galian golongan A merupakan bahan galian yang mempengaruhi perekonomian negara dan strategi bagi pertahanan dan keamanan. Contohnya minyak bumi, batubara, besi, nikel, timah putih dan aluminium. Biasanya bahan galian golongan A dikelola oleh negara.

b.      Golongan B
Bahan galian golongan B merupakan bahan galian yang menjamin hajat hidup orang banyak. Contohna emas, perak, permata, intan, mika, dan seng.

c.       Golongan C
Bahan galian golongan C merupakan bahan galian yang digunakan untuk bahan baku industri. Contohnya pasir, batu kapur, tanah liat, dan gips.

4.       Berdasarkan asal-usul terjadinya
a.       Mineral organik
Mineral organik adalah mineral yang terbentuk dari sisa-sisa organisme yang telah mati karena terpengaruh oleh proses fisika, kimia, dan mekanik yang akhirnya menjadi bahan tambang. Contohnya minyak bumi dan batubara.

b.      Mineral anorganik
Mineral anorganik adalah mineral yang terbentuk dari berbagai proses mineralisasi senyama anorganik dan proses kimia fisika dalam magma. Contohnya emas, perak, timah, besi, seng, dan nikel.


0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design