Thursday, February 20, 2014

inilah.. Spontanitas!

Pada suatu hari, saya menonton televisi. Program acaranya tentang 7 pengetahuan dan hal-hal unik di dunia yang diunggah ke youtube.com dari berbagai penjuru dunia. Tiba-tiba saya menangis..

Hari-hari sebelumnya, saya juga pernah menonton program acara siaran olahraga pada pagi hari, sepak bola.. dan bukan abang cech my super idol. Entah siapalah itu, dia mencetak gol. Tiba-tiba saya menangis..

Hari sebelum-sebelumnya, sekitar sebelum pukul 6 pagi. Sambil sarapan saya biasanya menonton program acara ini, kajian pengetahuan seputar Islam. Tentang Rasulullah SAW, tentu saja tidak diperlihatkan wajah dan lain sebagainya karena Rasulullah SAW itu terakhir dan tidak ada yang dapat disamakan dengan beliau. Digambarkan sebagai sebuah cahaya dengan tulisan Muhammad dalam tulisan Arab. Tiba-tiba saya menangis..

Siang hari, ada program tentang petualangan anak-anak, dunia binatang, petualangan di daerah-daerah yang biasanya terpencil dan jarang dipublikasikan dalam berbagai hal. Tiba-tiba saya menangis..
Sore hari, setelah seharian letih beraktivitas dengan maksimal maka terkadang saya meluangkan waktu untuk menonton film animasi persahabatan di dunia bawah laut. Ceplas-ceplos, tertawa.. lalu tiba-tiba saya menangis lagi..

Mendengar dan melihat adzan magrib di televis juga merupakan hal yang paling sering memicu keluarnya bulir-bulir bening dari kedua bola mata saya yang amat sangat biasa ini. Belum lagi telinga saya yang terkadang enggan bekerja sama menerima getaran yang seharusnya diterima dan dipantulkannya dengan baik. Ah saya memang agak kurang cerdas.. Tapi Alhamdulillah mata dan telinga terutama hati agaknya berfungsi dengan cukup baik.

Kenapa? Cengeng?

Ya tentu saja saya tidak terima jika dibilang cengeng. Hanya saja untuk menjawab pertanyaan mengapa itu rasanya sulit dijelaskan. Tapi saya pasti bisa menjelakannya dan akan saya jelaskan.

Rasanya waktu saya mengalami kejadian tiba-tiba menangis itu, pertama-tama saya berdebar-debar. Kemudian bahu saya mulai bergetar, lalu muncul perasaan aneh rasa ingin memeluk atau dipeluk orang yang menurut saya pantas menerima pelukan itu, tergantung acara yang saya tonton, biasanya begitu. Setelah itu saya menolak tidak ingin menangis, mencoba melawan karena “Lah, ngapain pengen nangis?” atau karena “ahahaha malu ih, nangis” atau “nah kan, kumat lagi nah. Error kah?” dan tentu saja masih banyak lagi. Tapi, tiba-tiba sudah meleleh.. mengalir.. kadang-kadang saya bisa merasakan asin tanpa disengaja, yak an saya juga tetap dalam keadaan sadar meski tak bisa mengontrol keluarnya air mata itu.
Selain hal-hal yang saya ceritakan, banyak juga hal lain yang tiba-tiba membuat saya menangis. Mungkin lain kali akan saya ceritakan. Karena setiap orang butuh cerita untuk diceritakan dan diajak bercerita. Begitulah.. -.-“


Mungkin suatu hari nanti engkau juga akan merasakan “ketiba-tibaan” itu. Tenang saja, itu adalah hal yang manusiawi dan normal.. karena saya tak ingin disebut ttidak normal tentunya. Bila hal itu tiba-tiba saja terjadi, ingat Tuhan. Tuhan memberikan kelebihan air mata untuk kita :D

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design