Monday, June 17, 2013

Gili Trawangan

  Praktik Kuliah Lapangan (PKL) mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi 2010 tahap 3 yang telah dilaksanakan pada 20 - 29 Mei 2013 telah dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan. Salah satu tujuan dalam PKL tersebut adalah Gili Trawangan.
  Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari ketiga pulau kecil atau "gili" yang ada di Barat Laut Lombok. Fasilitas wisata yang ada di Gili Trawangan juga lebih lengkap dari gili lainnya. Berdasarkan informasi yang di dapat dari wikipedia, jumlah penduduk di Gili Trawangan sekitar 800 jiwa, sebagian besar penduduk tersebut bermukim di bagian timur pulau.
  Sungguh pulau dengan potensi dan anugerah yang luar biasa. Keindahan alam yang didukung dengan kebijaksanaan dalam pengelolaan. Tidak akan kita jumpai kendaraan bermotor berlalu-lalang di pulau, karena kendaraan yang diperbolehkan adalah sepeda dan kereta kuda atau andong. Banyak wisatawan dari luar negeri yang membaur dengan masyarakat setempat dan juga wisatawan domestik. 
  Satu hal yang membanggakan bagi saya, orang Indonesia asli yang Tuhan takdirkan terlahir dan hidup sebagai muslim dan beragama Islam, adalah sebuah masjid yang berdiri kokh bahkan saat itu sedang dalam proses renovasi. Mesjid yang besar dan tidak sepi, kumandang adzan terdengar dengan jelas, mereka saling menghormati satu sama lainnya.
  Karna keterbatasan waktu, tidak semua mahasiswa dapat berkeliling pulau yang berdasarkan informasi hanya membutuhkan waktu 2 jam saja dengan bersepeda. Bahkan banyak mahasiswa yang tidak berjalan-jalan di sekitar pulau karena sibuk berburu foto dan memfoto teman lainnya yang sedang snorkling.
  Saya dan seorang teman memutuskan tidak ingin berbasah-basahan dan tidak pula berkeliling dengan sepeda atau andong. Kami berjalan kaki dan akhirnya sampai ke bagian utara pulau. Sungguh kontras dengan situasi dan kondisi keramaian yang ada di bagian barat dan timur pulau. Bagian utara Gili Trawangan sangat sepi dan jarang ada rumah penduduk. Selain itu, banyak lahan kosong yang terbengkalai dan banyak sampah yang berserakan di sepanjang jalan.

Berikut ini beberapa momen yang sempat saya abadikan di Gili Trawangan:
Pantai utara Gili Trawangan

Mercusuar

^_^

Semoga Lain waktu saya bisa berkunjung lagi ke Gili Trawangan dan juga gili lainnya. Ayo, Visit Lombok, Gili Trawangan dan juga gili lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design