Saturday, June 22, 2013

Kondisi Geografis Lombok


  Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang berada di Indonesia. Pulau Lombok adalah salah satu dari gugusan kepulauan Nusantara yang terletak di sebelah timur Pulau Bali dan sebelah barat Pulau Sumbawa. Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa dan Samudera Hindia di sebelah selatan. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya sekitar 70 km. luas pulau ini mencapai 5.435 km².
 Aspek pariwisata di Pulau Lombok sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Pulau Lombok merupakan pulau yang menjadi salah satu tujuan utama wisata karena menyimpan bagitu banyak potensi alami yang masih terpendam. Keindahan taman laut di Lombok sangatlah luar biasa dengan menawarkan hamparan terumbu karang yang indah dan unik ditumbuhi dengan berbagai tumbuhan laut yang mempesona serta warna-warni ikan hias yang akan menambah daya tarik wisatanya. Selain itu, masyarakat asli Pulau Lombok juga terkenal dengan keramah-tamahannya.

Kondisi Fisik
  Pulau Lombok yang oleh penduduk pribumi disebut juga sebagai Selaparang atau Gumi Sasak adalah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini disatukan oleh Selat Lombok dari Pulau Bali dan disatukan oleh Selat Alas dari Pulau Sumbawa.
  Menurut Alfred Russel Wallace, Pulau Lombok merupakan perbatasan antara Indonesia sebelah barat dan timur, itu ditandai oleh flora dan fauna yang ada di pulau. Untuk flora dan fauna yang ada di Pulau Lombok cenderung lebih mirip dengan Australia, begitupula dengan topografinya.
  Lombok memiliki dua musim dengan suhu rata-rata antara 21˚C sampai 33˚C. Musim hujan biasanya terjadi antara bulan Oktober sampai Maret. Sedangkan kemarau berlangsung dari bulan April hingga September. Terdapat perbedaan kesuburan antara Pulau Lombok bagian utara dengan bagian selatan. Daerah utara Pulau Lombok justru lebih subur dibandingkan dengan daerah selatan dari Pulau Lombok. Hal itu dikarenakan curah hujan yang turun setiap tahunnya berkisar antara 1500-2500 mm/tahun untuk daerah utara dan 900-1200 mm/tahun untuk daerah selatan.
  Kondisi wilayah Lombok berupa dataran, perbukitan dan bergunung. Wilayah tertinggi adalah Gunung Rinjani dengan danau Segara Anak sebagai sumber mata air penduduk di sekitarnya. Gunung ini dikelilingi oleh hutan yang tersebar pada masing-masing kabupaten. Bagian selatan pulau memiliki tanah yang subur yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian, dengan variasi tanaman seperti jagung, padi, tembakau, kapas dan kopi.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design