Sunday, March 3, 2013

Ekosistem Danau


Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi sehingga membentuk satu kesatuan. Perairan danau merupkan salah satu bentuk ekosistem air (tawar ataupun asin) yang ada di permukaan bumi. Menurut Jorgensen dan Vollenweiden dalam Marganof (2007), secara fisik, danau merupakan suatau tempat yang luas mempunyai air yang tetap, jernih atau beragam dengan aliran tertentu. Ekosistem danau termasuk habitat air yang memiliki perairan tenang yang dicirikan oleh adanya arus yang sangat lambat atau tidak ada arus sama sekali. Oleh karena itu waktu tinggal (residence time) air bisa berlangsung lebih lama.
Pada umumnya, perairan danau selalu menerima masukan air dari daerah tangkapan air di sekitar danau, sehingga perairan danau cenderung menerima bahan-bahan terlarut yang terangkut bersamaan dengan air yang masuk. Kualitas perairan danau sangat tergantung pada pengelolaan atau pengen dalian daerah aliran sungai (DAS) yang berada diatasnya.
Ekosistem danau secar umum dikenal sebagai suatu cekungan pada permukaan bumi yang berisi air. Danau dapat dimanfaatkan untuk pengairan sawah (irigasi), pembangkit listrik tenaga air (PLTA), objek pariwisata, sebagai tempat usaha perikanan darat (keramba), sebagai sumber penyediaan air bagi makhluk hidup disektarnya dan juga sebagai pengendali banjur dan erosi.
Jenis-jenis danau yang ada di Indonesia:
a.       Danau Buatan/Waduk
Danau buatan atau waduk adalah danau yang sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan seperti irigasi, perikanan darat, air minum dan lain-lain. Contoh: Waduk Darma di Jawa Barat.
b.      Danau Karst
Danau karst adalah danau yang berada di daerah berkapur (morfologi karst) di mana yang berukuran kecil disebut doline dan yang besar dinamakan uvala.
c.       Danau Tektonik
Danau tektonik adalah danau yang terjadi akibat adanya aktivitas/peristiwa tektonik yang mengakibatkan permukaan tanah pada lapisan kulit bumi turun dan membentuk cekungan dan akhirnya terisi air. Contoh: Danau Toba di Sumatera Utara.
d.      Danau Vulkanik
Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk pada bekas kawah gunung berapi. Contoh: Danau Batur di Bali.

0 komentar:

Post a Comment

 

Notes Of Gea Template by Ipietoon Cute Blog Design